selamat datang di blog saya

Kamis, 17 Januari 2013

Masalah Sosial Indonesia



Sebagai negara berkembang yang memiliki tingkat populasi yang sangat tinggi, Indonesia memiliki segudang masalah sosial yang sangat kompleks. Harus diakui bahwa tidak mudah untuk menyelesaikan masalah sosial Indoensia karena dibutuhkan konsep serta pelaksanaan yang sangat matang. Oleh karena itu, pemerintah harus  cermat dalam menyelesaikan masalah sosial Indonesia dengan cara membereskan akar dari permasalahan - permasalahan sosial tersebut.

Berikut ini adalah beberapa masalah sosial Indonesia:

1. KEMISKINAN
Kemiskinan merupakan sebuah masalah krusial yang mengakibatkan munculnya masalah - masalah sosial yang lain. Dari kemiskinan ini lah banyak muncul masalah-masalah baru, terutama masalah dibidang keriminal yang berawal dari kemiskinan sehingga orang rela dan berani melakukan tindak kejahatan seperti mencuri demi mendapatkan sesuap nasi.

2. KEJAHATAN
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas. Tingginya angka kejahatan di suatu wilayah dipicu oleh tingginya tingkat kemiskinan di wilayah tersebut. Apalagi saat menjelang hari-hari besar seperti saat Ramadhan dan lebaran, tingkat kejahatan meningkat karena para penjahat menjadi lebih nekat untuk melakukan aksi kejahatan. Apalagi ketika musim mudik tiba saat banyak orang yang meninggalkan rumahnya untuk mudik.

3. TENAGA KERJA
Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang tinggi membuat Indonesia harus menghadapi permasalahan tenaga kerja berupa tingginya tingkat pengangguran. Jumlah tenaga kerja usia produktif yang tinggi tidak diimbangi dengan jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan. Sebenarnya menurut saya masalah ini bias diatasi apabila pemerintah dan juga sang pemilik perusahaan berani bertaruh untuk menurunkan sedikit gaji karyawannya supaya bisa lebih banyak lagi tenaga kerja yang dapat ditampung oleh perusahaan tersebut.

4. MASALAH KEPENDUDUKAN
Tingginya jumlah populasi di Indonesia menyebabkan munculnya berbagai macam masalah serius lainnya. Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk menyelesaikan masalah kependudukan ini dengan menjalankan beberapa program, diantaranya adalah menggalakkan KB. Program tersebut dijalankan supaya pertumbuhan penduduk Indonesia tidak meningkat drastic.

5. PENYALAHGUNAAN NARKOBA
Indonesia merupakan negara yang menarik bagi para pengedar narkoba. Hasil studi terakhir menunjukkan bahwa anak  anak usia SD dan SMLTP di Indonesia ternyata sebagai pemakai aktif narkoba. Bahkan beberapa kali berita tertangkapnya pemakai narkoba di dalam rutan yang melibatkan petugas sipir telah berhasil menjadi headline surat kabar lokal dan nasional. 

sumber: http://carapedia.com/masalah_sosial_indonesia_info3019.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar