selamat datang di blog saya

Sabtu, 22 September 2012

cara merubah setingan VGA nvidia di ASUS A43SD


Assalamualaikum Wr.Wb
pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Graphic Card yang terdapat pada notebook atau yang biasa kita sebut dengan leptop ASUS A43SD.
banyak para pengguna notebook ini yang mengeluhkan tentang masalah pada Graphic Cardnya termasu "saya" karena mengetahui bahwa Graphic Card yang terbaca saat kita membuka "dxdiag" adalah Graphic Card dari intel yang hanya 1 GB, sedangkan Graphic Card yang tertanam di dalam notebook ini sangatlah bagus yaiut nvidia geforce 610M 2GB.


nah, mengapa itu bisa terjadi???, mungkin menurut saya jawabannya adalah: "sekarang ini kan jaman sudah semakin maju dan teknologi juga sudah semakin berkembang dalam menciptakan karya-karya di dunia teknologi. namum seiring dengan itu, kita juga harus menjalankan perintah untuk menghemat energi, namun bagai manakah caranya kita ingin menghemat energi sementara komponen yang kita butuhkan adalah merupakan salah satu komponen yang membutuhkan tenaga yang besar untung menjalankannya??. nah, disinilah teknologi itu menjawab semuanya."

jadi, dalam teknologi terbaru ini, notebook akan mencoba untuk lebih pintar dalam hal menghemat energi, misalnya, saat kita hanya membutuhkan notebook hanya untuk browsing atau sekedar mengerjakan tugas, otomatis itu tidak memerlukan energi yang besar untuk melakukan itu. sedangkan saat kita sedang bermain game dengan resolusi yg sangat bagus otomatis notebook dengan sendirinya bisa merubah graphic cardnya menjadi graphic card yg lebih bagus.

namun sayangnya tidak semua game bisa bersatu dengan teknologi ini, karena game-game sebelumnya diciptakan sebelum adanya teknologi ini. ya jadi wajar saja apabila notebook anda tidak bisa menjalankan sebagian game yang tidak suport dengan teknologi ini. 


(CMIIW)

tapi jangan khawatir, saya akan memberi sedikit tutorial bagai mana caranya agar graphic card ini bisa terdetect dengan baik oleh game kita.

1. buka nvidia lau cek display apakah masih seperti pada gambar?,



2. kalo masih tampak seperti gambar, maka langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah:


3. setelah itu akan muncul tampilan:



4. setelah itu lalu kita pilih "manage 3D setting" ==> di kotak dialog "preferred graphic prosessor",









5. lalu pilih "set physx configuration" ==> dikotak diaolg ke-2 pilih "geforce 610M"



6. setelah itu jangan lupa klik "Apply"

7. silahkan cek display pada dxdiag




#disini notebook anda akan tetap mendetect graphic "intel(R) HD graphic 3000". namun itu tidak masalah, sebab memang begitulah cara kerja dari notebook anda. selamat mencoba ya :)

oke, sekian dulu postingan saya kali ini, apabila banyak kekurangan mohon dimaklumi ya, karena saya juga masih belajar :) , dan saya berharap dari pembaca blog saya ada yang bisa berbagi sedikit ilmunya kepada saya melalui blog ini. :)

3 komentar:

  1. bang mau tanya, vsync nya bisa di force off gak ?

    BalasHapus
  2. Mau tnya mas? Dlu leptop saya selalu terbaca nvidia nya di dxdiag. Tp stelah intall ulang, skrg sdh tdk keluar lg. Itu knapa ya? Kinerja buat game jg lebih buruk walaupun sudah mncoba cara diatas. Mohon bantuannya. Thanks

    BalasHapus
  3. permisi pak mau tanya
    saya sudah ikuti langkah diatas tp kok pas cek dxdiag masih kebaca intel hd grapic ya?
    udah gitu approx total memory gak berubah(bertambah) seperti gambar diatas

    BalasHapus